ACIL KINI MENJADI INOVASI KREATIF POLRES BARSEL TERBARU

Dalam rangka mengukur efektivitas pada proses pelayanan publik, Polres Barsel menciptakan Inovasi ACIL (Asyik Cerita Layanan) yaitu Inovasi dalam bentuk In-depth Interview langsung oleh Duta/Pemandu Pelayanan kepada Pemohon di ruang tunggu Yanlik, terkait kualitas pelayanan serta penyampaian saran, masukan, apresiasi, bahkan pengaduan yang bertujuan untuk membentuk chemistry / hubungan baik antara masyarakat dengan penyelenggara layanan.

Kapolres Barito Selatan AKBP AGUNG TRI WIDIANTORO, S.I.K., M.H. menjelaskan bahwa Acil adalah salah satu cara untuk mendapatkan data dan Informasi tentang  tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Ia juga menambahkan bahwa Inovasi Acil bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat.

“Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan. Kepuasan masyarakat dapat juga dijadikan acuan bagi berhasil  atau tidaknya pelaksanaan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga layanan publik.” Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *